Laporan Rapat Kegiatan Forum Manajemen COVID-19 Senin, 13 April 2020

Pengetahuan tentang COVID-19 terus perlu ditingkatkan, karena masyarakat luas masih tergagap – gagap pada wabah ini, tujuan dari forum Manajemen COVID-19 untuk meningkatkan kemampuan system kesehatan Indonesia dalam mengelola COVID-19 melalui pendekatan knowledge management, berbasis teknologi infromatika dan telematika guna mempersiapkan diri dengan meningkatkan kapasitas lonjakan ( surge capacity) RS dan wilayah yang menghadapi corona virus serta mengaktifkan sistem manajemen bencanan di RS dan sistem kesehatannya ( Laksono Trisnantoro ).

Forum ini sudah berhasil melakukan mengidentifikasi terbentuknya COP dari lintas disiplin ilmu untuk terus melakukan pengembangan sistem penanganan wabah COVID-19, sehingga sudah saatnya dilakukan pengembangan penelitian mengenai COVID-19 dengan memanfaatkan wabah ini untuk penelitian pengembangan ilmu di waktu mendatang. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode telekonferensi melalui webinar/kursus online ( direkam dalam video ) dengan 46 pertemuan yang diikuti oleh hampir 11.654 peserta yang terdiri dari kelomnpok klinis di pelayanan rujukan, pelayanan primer, tenaga lintas sektor, manajer lembaga kesehatan dan pengambil kebijakan.

Manajemen pengetahuan adalah disiplin yang mempromosikan pendekatan terpadu untuk mengidentifikasi, menangkap, mengevaluasi, mengambil dan berbagi semua aset informasi organisasi yang mencakup basis data, dokumen, kebijakan, prosedur dan keahlian keahlian pengalaman yang ada di individu.

Adapun pentahapan penerapan knowledge management dalam forum manajemen COVID-19 ini meliputi tahap pertama dengan menyebarkan pengetahuan melalui berbagai webinar dan workshop online, tahap kedua melakukan penguatan budaya organisasi tentang pengetahuan COVID-19 dan tahap ketiga adalah taksonomi dan manajemen isi tentang COVID-19 di organisasi organisasi pelayanan kesehatan.

Karena itu sudah saatnya dilakukan pengembangan melalui penelitian COVID-19 dengan memanfaatkan wabah ini intuk pengembangan ilmu pengetahuan di waktu mendatang, ujar Laksono. Sedangkan Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., SpOG(K)., PhD selaku Dekan FK – KMK UGM menyampaikan bahwa perlu dibentuk learning organization dari berbagai lintas disiplin ilmu untuk mencapai satu tujuan yang sama, dan FK – KMK UGM sangat mendukung kegiatan penelitian terkait wabah ini.

Reporter: Sarwestu Widyawan (PKMK UGM)


Unduh Materi

Categories Arsip Kegiatan Surge/Reportase Kegiatan

Post Author:

Forum Manajemen Covid-19

Infografis

Arsip Streaming

Open chat
Need help?
Powered by